Berikut ini beberapa hal yang bisa rekan terapkan di dalam penulisan surat lamaran kerja.
- Mudah dan cepat dibaca. Artinya, dalam menulis surat lamaran kerja sebaiknya jangan bertele-tele atau menggunakan bahasa yang berputar-putar yang menyebabkan semakin tidak jelas maksudnya.
- Selalu perhatikan tulisan atau ketikan anda. Dalam penulisan surat lamaran kerja wajib rapi dan tidak ada kesalahan penulisan kalimat serta salah ketik (mistypo). Karena itu, sebelum di-print, pastikan surat yang dibuat sudah di baca dan baca lagi agar tidak ada kesalahan penulisan atau ejaan.
- Diketik dengan huruf yang terbaca jelas. Perlu di ingat, sudah tidak ada lagi ketentuan yang mewajibkan surat lamaran harus di tulis tangan, kecuali beberapa instansi pemerintah. Jadi ketiklah surat lamaran kalian dengan komputer. Hal ini juga bisa menunjukkan bahwa rekan bisa mengoperasikan komputer.
- Gunakan format yang rapi dan jelas, misalnya satu/satu setengah spasi antarbaris, menggunakan font formal, misalnya Time New Roman.
- Gunakan Kertas putih ukuran folio, kuarto, atau ukuran A-4 (umumnya yang sering digunakan adalah A-4)
- Gunakan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).
- Sesuaikan bahasa surat lamaran sesuai bahasa yang dipergunakan dalam iklan. Jika lowongan kerja menggunakan bahasa Inggris, sebaiknya kamu juga mengirimkan surat lamaran dengan bahasa Inggris.
Demikian tips yang dapat saya bagi kali ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses...